Sahabat Berkaki Empat

28 April 2017 13:41 WIB

Kulwap (kuliah via whatsapp) yang disponsori oleh Buku Parenting With Heart dan Marriage With Heart kali ini menampilkan dokter hewan yang bekerja di Balai Karantina, Jakarta, Julia Rosmaya. Yuk, kita simak pemaparan beliau yang kaya ilmu.

Suci Shofia: Sepertinya Mba Julia sedang sibuk bekerja, jadi saya yang akan membagikan materi yang telah beliau tulis.

Julia:  “The best therapist has fur and legs”

Pernah baca quote di atas?
Cerita berikut hanya dipahami oleh orang yang memiliki hewan peliharaan.

Tina stress, semua terasa salah di kantor hari ini. Beberapa pekerjaan yang dilakoni dengan sepenuh jiwa dianggap tidak layak oleh atasannya.

Saat pulang, dia terjebak macet parah. Hujan pula.
Dengan tubuh basah, Tina membuka pintu rumahnya. Rumah gelap, tidak ada orang di rumah. Kedatangannya hanya disambut 2 ekor kucing… yang berusaha mencari perhatian dengan berlari mengikuti di sekitar kakinya

Dengan tenaga yang tersisa, disiapkan makan malam untuk para kucing itu. Setelah mandi, Tina langsung ambruk di kasur.

Beberapa saat kemudian dia mendengar dengkur halus dan rasa hangat di dadanya. Kedua ekor kucingnya berebut duduk di dada dan leher. Secara reflex, Tina mengulurkan tangan untuk mengelus bulu lembut dan halus peliharaannya itu.

Dan… Secara perlahan perasaan relax menjalar ke sekujur tubuh. Pikirannya menjadi terang untuk menganalis masalah.

Dipandangnya kedua kucing yang masih mendengkur manja di dadanya. Mereka balas memandang.. “Terima kasih Momo, Bubu.. Kalian memang paling tahu kalau aku stress!”

Hehehe..  Cermini dikit ya..
Memelihara kucing atau anjing memang telah terbukti mampu meredakan stress. Bahkan di beberapa RS di negara Barat, hewan peliharaan telah menjadi bagian dari proses terapi penyembuhan.

Eh tapi..  Kucing kan bisa menyebabkan penyakit.. Katanya Toxoplasma, yang menyebabkan Ibu hamil keguguran atau janin cacat. Malaslah pelihara kucing. Belum pup-nya, makannya.. Riweh…

Tahukah anda, bahwa memakan daging kambing setengah matang juga  dapat menyebabkanToxoplasma? Jadi kucing tidak bisa dituduh 100% sebagai penyebab Toxoplasma, banyak lagi penyebab lainnya.

Lalu bagaimana mencegah penyakit dari kucing atau hewan lain yang kita pelihara?

Pertama, jaga kebersihan. Sediakan tempat untuk pup dan bersihkan fesesnya secara teratur. Tidak hanya kucing, hewan pelihara lain seperti anjing, burung, kelinci, ayam semua diperlakukan sama. Kebersihan harus utama.

Bila memelihara unggas seperti ayam dan burung. Harus lebih ekstra hati-hati menangani feses-nya. Virus flu burung dapat ditemukan di feses. Gunakan sarung tangan atau pelindung lainnya saat membersihkan kandang. Seminggu sekali, semprot kandang dengan cairan bayclin untuk mematikan virus penyakit yang mungkin ada. Kandang juga harus terkena sinar matahari dan dalam keadaan kering.

Bagaimana dengan anjing? Biasanya anjing sering kutuan. Mandikan anjing secara teratur dengan shampoo khusus anjing. Bersihkan kandang dengan cairan pembersih lantai seperti karbol. Jangan lupakan bagian dinding dan atap. Bila perlu, bawa anjing ke dokter hewan untuk mendapatkan obat anti kutu.

Kedua, vaksinasi anjing dan kucing anda. Vaksin utama adalah Rabies. Rabies menyerang manusia melalui gigitan hewan tertular. Bila manusia terkena Rabies, maka tingkat kematiannya hampir 100%.

Cara penanganan lupa gigitan, segera bersihkan dengan air mengalir, lalu beri betadine dan sejenisnya lalu segera ke dokter manusia 😁! Bukan ke dokter hewan ya.  Anjing/kucing/kera yang menggigit bila memungkinkan ditangkap dan diserahkan ke Dinas Peternakan atau dokter hewan. Hewan terduga Rabies akan dikarantina minimal 14 hari untuk mengetahui apakah hewan tersebut positif atau tidak terhadap Rabies. Hewan Rabies biasanya akan mati selama waktu tersebut.

Hati-hati bila berada di daerah Rabies seperti Bali, Sumatra Barat dan beberapa wilayah Sumatra lainnya. Hindari kontak dengan anjing/kucing/kera liar.

Tahukah anda bahwa kasus kematian manusia di Indonesia akibat Rabies lebih banyak daripada karena flu burung?

Ketiga, beri makan minum yang cukup dan kasih sayang. Hewan jangan hanya dipelihara, tapi wajib disentuh, dielus dan disayang. Terutama anjing dan kucing.

Oh iya. Lupa memperkenalkan diri. Saya Drh. Julia Rosmaya. Saat ini bekerja sebagai dokter hewan karantina, tetapi tidak membuka praktek. Saya memiliki 7 ekor kucing dan 1 anjing di rumah.Semoga penjelasan singkat saya cukup. Mari kita berdiskusi.

Drh. Julia Rosmaya R, M.Si
Dokter Hewan Karantina
WA: 08161121134
Blog: juliarosmaya.blogspot.co.id
Email: julia.rosmaya@gmail.com
FB: Julia Rosmaya Riasari
Twitter :@MAYA_JR2

Advertisements

Good Skin and Good Body is Good Food and Good Habit

Seru banget acara “Ngobrol Kece Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh” sama dokter David Budi Martono, ABAARM Cert., AAAM Cert. dari DF Clinic di hari Senin, 21 Maret 2016 kemarin. Acaranya di hotel bintang 4, Best Western Premier La Grande, Bandung.

Begitu duduk langsung menyimak serius penjelasan dokter David tentang kecantikan kulit dan makanan, juga pola hidup. Cara penyampaiannya tuh asyik banget, beliau menguasai materi dari awal sampai akhir tidak ada waktu yang terbuang percuma dengan pemaparan tanpa isi. Semua berisi, padat bermanfaat deh pokoknya. Enggak nyesel jauh-jauh datang ke acara seminar ini.

2016-03-21 10.47.44
koleksi pribadi

Paling favorit sewaktu pembahasan tentang alat kontrasepsi, secara saya perempuan yang sudah menikah. Beliau menyampaikan bahwa ada 3 alat kontrasepsi yang aman yaitu kalender, kondom, dan vasektomi. Namun, menurut beliau kebanyakan laki-laki takut untuk melakukan proses vasektomi atau mengikat/memotong saluran sperma ini. Padahal, jika sudah tidak ingin memiliki anak jalan ini bagus untuk ditempuh, karena sperma tidak dikeluarkan dari tubuh tapi diserap tubuh. Dengan kandungan sperma yang sangat bagus, efeknya stamina akan terjaga.

Oya, untuk perempuan yang memakai alat kontrasepsi disarankan memakai alat kontrasepsi generasi ke empat (Jasmine atau Diane) berupa tablet atau spiral. Karena alat kontrasepsi sebelumnya masih banyak kekurangannya, ada yang memakai hormon kuda betina misalnya.

Bagi orangtua yang sering memberikan makanan telur ayam dan daging ayam negeri, lebih baik segera kurangi. Karena produk tersebut telah diberi hormon estrogen supaya cepat besar dan segera dijual. Lahan bisnis. Efek bagi anak perempuan yang sering diberikan produk ber-hormon tadi, anak akan cepata datang menstruasi. Maka lebih cepat juga masa menopause-nya.

Kalau anak mendapatkan menstruasi pertama di bawah usia 12 tahun, maka masa menopause bisa datang di usia sekitar 40 tahun. Kalau anak menstruasi pertama dalam rentang usia 12-14 tahun, menopause datang di usia 45-50 tahun. Kalau anak mentruasi di atas usia 14 tahun, menopause akan datang lebih lama sekitar 55 tahun ke atas.

Efek samping dari menstruasi yang terlalu datang terlalu cepat, bisa terkena kanker, kista, myom, dsb.

Nah, soal perawatan kulit muka supaya tetap kencang dan awet muda, anti aging alami berupa rajin olah raga, jaga pola makan, dan positif thinking. Intinya gaya hidup sehat. Beliau mengajarkan pada pasiennya untuk memberikan sugesti positif pada diri. Setelah dandan cantik, ucapkan di depan kaca “Saya suka hidup sehat dan saya bahagia.” Ucapkan 30 kali dalam sehari setiap harinya.

Untuk krim anti aging bisa saja dipakai setelah muka dibersihkan. Pemakaian sabun muka(facial foam/facial wash/sabun batangan) sehari cukup satu kali saja. Susu pembersih dan scrub wajib bagi pemakai foundation. Baru kemudian krim malam, sebagai asupan makanan bagi kulit.

Bagi yang mengidamkan tubuh langsing dan sehat, olahraga harus ada dalam jadwal mingguan. Olahraga yang bagus untuk kulit yaitu loncat-loncat seperti aerobik dan lari. Untuk sumber makanan yang bagus bagi kulit yaitu mengandung kolagen, seperti lidah buaya, rumput laut, ikan, daging, dan gelatin. Perlu diketahui, tubuh kita membutuhkan kolagen sekitar 6 gram per hari. Usahakan makan makanan yang tidak mengandung tepung seperti ikan , daging, sayur, telur. Produk tepung, gula, lemak jahat memicu inflamasi, membuat kulit tidak sehat dan berat badan naik.

Acara ditutup dengan ngobrol menjelang puasa Ramadan. Kurang lebih 3 bulan lagi umat Islam menjalankan ibadah puasa. Kata beliau, “Kalau berpuasa kan menuruti perintah bos, jadi cara menjalaninya juga ikut cara bos.Bukan cara iklan di pinggir jalan (berbuka dengan yang manis).”

Ketika berbuka puasa, Islam memberikan contoh lewat Nabi Muhammad Saw. berbuka dengan 3 biji kurma besar, dan 2 biji kurma kecil. Kurma adalah makanan tinggi serat dan tinggi karbohidrat. Jadi gula darah dalam tubuh kita selama berpuasa dalam kondisi rendah, akan naik secara perlahan dengan mengonsumsi kurma tadi. Berbeda halnya ketika kita makan kolak. Kolak rendah serat namun tinggi karbohidrat. Jadi begitu berbuka langsung makan kolak, gula darah kita cepat sekali melonjak. Cara ini yang salah. Berbukalah dengan yang manis, bukan berarti segala makanan manis masuk ke dalam tubuh kita. Memang benar jika penderita diabetes berpuasa Ramadan, bisa sembuh diabetesnya. Dengan catatan sesuai anjuran Nabi Muhammad Saw. Berbuka dengan kurma, kemudian sholat Maghrib, setelah itu makan berat dan tidak sampai kenyang, setelah itu perut istirahat dari proses kunyah mengunyah.

Wah, emang kece ngobrol sama Dokter David, jadi kaya ilmu deh. Terima kasih banyak, ilmunya dokter!

Cegah Kanker dari Sekarang!

sumber foto: ms.hellowallpaper.com

Kehidupan serba instan di jaman sekarang telah menggiring masyarakat menuju pola hidup tidak sehat. Semua ingin serba cepat, praktis, dan hemat waktu. Namun disadari atau tidak, hal tersebut berakibat pada kesehatan tubuh anda.

Mengkonsumsi makanan dan minuman serba instan setiap harinya, kurang olahraga, detik demi detik dihabiskan untuk bekerja hingga larut malam. Adalah beberapa sebab timbulnya penyakit di dalam tubuh, seperti kanker.

“Kanker tidak memilih usia, jenis kelamin ataupun status. Semua bisa kena. Faktor penyebabnya juga banyak. Bisa karena faktor genetik, makanan, dan pola hidup. Untuk makanan sebaiknya memang diolah sendiri. Hindari terlalu banyak MSG, dibakar, digoreng dengan minyak yang berulang-ulang. Makanan fast food juga kurang baik bila sering dikonsumsi. Saya pun baru ngeh pola hidup dan makan sehat setelah tervonis kanker. Rupanya selama ini saya memang salah pola makan dan pola hidup yang sehat.” Urai Tri Wahyuni Zuhri, seorang survivor kanker tiroid stadium lanjut, juga penulis buku Kanker Bukan Akhir Dunia.

Anda tentu berharap bisa terhindar dari cengkeraman penyakit yang satu ini. Penyakit yang mulai akrab ditelinga kita beberapa tahun terakhir ini. Namun anda bisa mencegahnya dengan berusaha menjalani pola hidup yang sehat. Selalu menyadari setiap perubahan kecil yang terjadi dalam tubuh anda adalah salah satu cara deteksi dini penyakit kanker. Dengan menjalankan pola hidup sehat, semoga anda dan keluarga bisa menapaki kehidupan yang lebih bemakna.

Kenapa Harus Payudara dan Bra?

a bucket flower

Kampanye kesehatan tentang sadar kanker payudara selalu diidentikkan dengan gambar bra dan payudara yang ujung-ujungnya adalah eksploitasi tubuh perempuan. Di media cetak, media sosial, televisi, dan media lainnya dibanjiri gambar bra dan payudara. Entah apakah kanker payudara dianggap hanya diidap oleh perempuan? Kemudian segala hal yang bertema payudara diarahkan ke makhluk Tuhan yang berjenis kelamin perempuan. Nyatanya kaum adam pun bisa mengidap kanker payudara.

Saya sebagai perempuan merasa risih dengan tayangan tubuh perempuan yang diekspos sedemikian rupa untuk menarik perhatian khalayak umum. Tragisnya ada juga yang belum tersadarkan dengan perilaku demikian. Dampak yang bisa diakibatkan dengan mengumbar bra dan payudara apakah sudah terfikirkan dengan matang?

Alangkah baiknya jika kita posting gambar yang berhubungan dengan penyebab si kanker tersebut. Atau gambar pita yang melambangkan peduli kesehatan.

Kampanye peduli kesehatan memang baik, namun akan lebih indah dilakukan dengan cara yang peduli dengan “kebaikan” semua.

Waspada MERS CoV

WASPADA MERS CoV

MERS CoV (Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus) atau Sindrom Pernafasan Timur Tengah yang disebabkan oleh virus Corona sedang menjadi bahan pembicaraan hangat saat ini. Dimana sebagian besar Warga Negara Indonesia (WNI) banyak beraktifitas seperti beribadah haji dan umrah, juga yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negara yang menjadi asal dari virus ini yaitu Saudi Arabia,.

Virus Corona mulai merebak di Saudi Arabia sejak 2012, dan diduga virus ini menyerupai virus di tubuh kelelawar dan unta. Penularan dari hewan ke manusia bisa terjadi salah satunya dikarenakan kedekatan manusia dengan binatang peliharaan.

Lalu apa tindakan kita untuk mencegah terinfeksi virus yang satu ini? Kuncinya adalah selalu menjaga daya tahan tubuh agar selalu fit dan menjaga kebersihan diri. Rajin mencuci tangan dengan sabun setiap selesai beraktifitas, sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil dan buang air besar, dan setelah bangun tidur. Cairan antiseptik untuk membersihkan tangan juga bisa dipakai untuk membersihkan tangan ketika situasi tidak memungkinkan untuk mendapatkan air dan sabun.

Daya tahan tubuh yang baik bisa tercapai dengan istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat, banyak minum air putih dan olah raga secara teratur. Memakai masker bagi yang sehat maupun yang sedang sakit batuk dan pilek ketika berada di keramaian sangat dianjurkan untuk mencegah tertular atau menularkan virus kepada orang lain. Etika batuk dan pilek harus diterapkan, selalu menutup mulut ketika batuk dan bersin dengan tisu, dan buang pada tempatnya.

10 Cara Mudah dan Murah Mengusir Stres

10 Cara Murah dan Mudah Usir Stres

Kamu pastinya pernah dilanda rasa galau ga jelas kan? Pengennya sih jalan-jalan ke mall, belanja sepuasnya, atau hang out bersama sahabat di tempat yang asyik. Bisa juga merenung di tempat yang tenang diantara hamparan sawah yang hijau membentang, atau mendengarkan deburan ombak di pantai sambil menyantap makanan yang pas dengan suasana hati. Tapi pas buka dompet, duit juga pas buat makan (saja). Benar-benar perpaduan yang pas ya…

Kalau sudah gini, mau gigit jari? Tunggu dulu… Ada tips yang bisa kamu coba lho…

  1. Buka album foto. Disana kamu akan menemukan sensasi berbeda. Berasa terbang menuju waktu yang telah berlalu beberapa tahun yang lalu. Ga punya album foto? Bikin dulu album foto kreasi sendiri. Dijamin ada sensasi tersendiri dari sini.
  2. Tata ulang kamar. Ada suasana berbeda yang akan mempengaruhi suasana hatimu lho…
  3. Buka lemari pakaian. Rapikan kembali. Pilah pakaian yang sekiranya sudah tidak ingin dipakai namun masih layak untuk diberikan kepada sesama. Kalau kamu merasa pakaian kamu termasuk dalam status “waspada” alias tidak layak pakai, ya syukuri saja masih punya pakaian.
  4. Sampaikan rasa hatimu pada selembar kertas dengan menggunakan pensil warna. Kalau ga punya pensil warna ya bisa pakai pensil non warna. Bisa berupa tulisan atau gambar apapun yang disukai. Kalau udah jadi trus ngga kepengen ada orang lain melihatnya, segera ubah bentuk hasil karya anda menjadi sebuah karya yang sulit diterjemahkan alias serpihan kertas.
  5. Kegiatan yang satu ini memang bisa melupakan sejenak rasa galau di hati. Ingat, jangan terlalu lama tidur, bukannya bugar malah kepala menjadi pusing alias paniang.
  6. Lucu-lucuan sama teman. Kamu punya teman dunk? Ajak mereka heboh bersama di rumah. Selama itu positif dan tidak mengganggu keamanan bersama, no problemo dunk!!!
  7. Baca buku humor. Ga punya? Pinjam teman. Ga punya teman? Datang ke toko buku. Jauh? Jalan kaki saja. Itung-itung olahraga. Kalau sudah sampai di toko buku, cari buku yang diinginkan, baca deh ditempat. Semoga tidak dipelototin sama petugas yaa…
  8. Jalan kaki. Tanpa arah tujuan boleh juga dicoba. Selain badan sehat, pikiran juga akan lebih fresh setelah mata dan pikiran disajikan pemandangan yang membuka mata hati kita. Sambil jalan mata hati juga dibuka. Jangan lupa sesuaikan kondisi fisik dengan jarak tempuh yang akan diambil. Jangan sampai pingsan di jalan dan berakhir di Rumah Sakit dengan tagihan perawatan.
  9. Nonton tayangan humor yang edukatif. Bukan humor yang asal-asalan, membully sesamanya, dan yang sejenis ya…
  10. Sila temukan sendiri hobimu yang bisa membuat pikiranmu kembali fresh, dan siap kembali beraktifitas.

Selamat bersenang-senang ya…