Diskusi Anak Introvert dan Ekstrovert

Jumat, 3 Juni 2016

Iq: Saya punya 2 putri dua-duanya sudah test stifin dan FI tapi kenyataannya beda dengan yang saya jalani sekarang.  Kalau garis besarnya karakter introvert ada pada anak saya yang pertama. hingga nilai minusnya kakak sukar beradaptasi cepat dengan lingkungan yang baru orang yang baru.

Saya sempat sedih di ujian EXOT memdapatkan penguji English warganegara Srilangka tapi menetap di London.
Anak saya tak mampu berdialog dengan baik saat conversation padahal saat membaca perfect …

Di mobil saya diam sedih dan gak bicara apapun. Tengah malam saya kaget anak saya bilang I’m sorry ana asifah ummi ana haiyfah ☹ maaf ummi saya takut. Nah gimana caranya menyikapi ini …kira2 mohon bantuannya yg ngakunya introvert colek narsum pencerahannya 🏻
Itu test sidik jari asal udah keliatan sidik jarinya bisa. Kemaren anak saya yang ke 3 masih 1 thn gak bisa belum nampak
L: Anak 1 cenderung introvert. Kalau belajar bahasa asing pun lebih senang bahasa tulis. Tapi kabarnya, waktu ada misi budaya ke Eropa, kata gurunya dia termasuk aktif dan berani speak sama org sono, bahkan duluan maju (buat jajan siih). Sementara anak-anak, yang cenderung ekstro, malah kadang kelihatan malu sama orang luar. Kalau dah kenal banget serunya naudzubillah
S: saya ekstrovet suami masuk wilayah galau xixi

Anna Farida: Aku percaya pada adanya bekal yang disematkan Tuhan pada setiap manusia. Selanjutnya, bagaimana bekal atau modal itu dikelola tergantung lingkungan dan kemauan pribadi manusianya.

Jadi tes sidik jari dan test lain apa pun namanya memberikan secuil info tentang bekal tadi. Ilmiah tidaknya masing-masing ahli punya landasan.

Pertanyaan besarnya, setelah dapat hasilnya kita mau apa?

Ibu-ibu di sini ada yang test kemudian merasa, ah saya tidak begitu, anak saya bukan tipe itu.  Karenanya, itu hanya informasi. Sebagaimana info laboratorium yang menemukan potensi diabetes pada seseorang dan bisa terkendali karena pola hidup sehat. Jadi mencari info dengan aneka cara tentang anak-anak itu sah adanya. Pertanyaannya adalah what next?
Punya modal jiwa kepemimpinan kuat, tapi selalu dilindungi mama, ya bisa lenyap modalnya.
Punya modal deposit banyak, tapi bukan dipakai jualan pulsa malah dipakai WA dan online melulu ya tanggung sendiri risikonya #ehhh
L: Intinya ya berusaha belajar mencari titik seimbang ya Cikgu…?
T: 🏻🏻🏻🏻🏻🏻🏻
So wise cikgu, love it
Seneng ama gaya tarik ulurnya Cikgu
Iw: saya…🏻 ekstrovert….
suami saya 🏻introvert……
N: Mbak Iw, kita senasib
Saya extrovert, suami introvert
Um: Saya labil
Dalam beberapa hari ekstrovert nya meledak-ledak, selalu bersuara, sering kali malah memotong pembicaraan orang. Namun dalam beberapa hari lainnya jadi super kalem, nggak berani ngomong dan selalu jadi pendengar yg baik
Iw: iya mba….kita temenan yak…yak..yak…
Berarti mba Um lagi galau…
S: bunda L sepertinya saya seperti anak ibu. Ekstra heboh di negeri sendiri pas di luar negeri melempem. Beda sama suami, dia introvert tapi pas di luar negeri aktif.
Um: masa galau sampai bertahun2 :’D
L: Wah… iya.. Bisa gitu ya Bunda S? kwnapa yaa?

Um: Sedih. Ibarat ABG yg belum menemukan jati diri, wkwk
L: Mungkin Bunda  bisa crita apa yang dirasakan supaya kita jadi bisa belajar…
Iw: mba Um…apa lagi haid kali…makanya rada labil.

Um: Umm… bisa jadi sih. Tapi tapi saya kan haidnya nggak selang beberapa hari gini

Iq: Sama sikap saya dengan cikgu tentang test nih. Saya lakukan hanya ingin mempermudah cara menghadapi anak sesuai karakteristik. Dan banyak yang harus dan perlu digali dipelajari.
Tiap anak bagi saya mereka unik kalo hanya berdasarkan test tak bisa membuka semua keunikan anak.
L: Bunda S oyaa… saya lupa memperhitungkan tipe2 itu… pasti ada pengaruhnya juga yaa?

T: Makasih, mba Anna..
*maaf baru reply.. tadi do this do that dulu

 

Leave a Reply

