Good Skin and Good Body is Good Food and Good Habit

Seru banget acara “Ngobrol Kece Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh” sama dokter David Budi Martono, ABAARM Cert., AAAM Cert. dari DF Clinic di hari Senin, 21 Maret 2016 kemarin. Acaranya di hotel bintang 4, Best Western Premier La Grande, Bandung.

Begitu duduk langsung menyimak serius penjelasan dokter David tentang kecantikan kulit dan makanan, juga pola hidup. Cara penyampaiannya tuh asyik banget, beliau menguasai materi dari awal sampai akhir tidak ada waktu yang terbuang percuma dengan pemaparan tanpa isi. Semua berisi, padat bermanfaat deh pokoknya. Enggak nyesel jauh-jauh datang ke acara seminar ini.

2016-03-21 10.47.44
koleksi pribadi

Paling favorit sewaktu pembahasan tentang alat kontrasepsi, secara saya perempuan yang sudah menikah. Beliau menyampaikan bahwa ada 3 alat kontrasepsi yang aman yaitu kalender, kondom, dan vasektomi. Namun, menurut beliau kebanyakan laki-laki takut untuk melakukan proses vasektomi atau mengikat/memotong saluran sperma ini. Padahal, jika sudah tidak ingin memiliki anak jalan ini bagus untuk ditempuh, karena sperma tidak dikeluarkan dari tubuh tapi diserap tubuh. Dengan kandungan sperma yang sangat bagus, efeknya stamina akan terjaga.

Oya, untuk perempuan yang memakai alat kontrasepsi disarankan memakai alat kontrasepsi generasi ke empat (Jasmine atau Diane) berupa tablet atau spiral. Karena alat kontrasepsi sebelumnya masih banyak kekurangannya, ada yang memakai hormon kuda betina misalnya.

Bagi orangtua yang sering memberikan makanan telur ayam dan daging ayam negeri, lebih baik segera kurangi. Karena produk tersebut telah diberi hormon estrogen supaya cepat besar dan segera dijual. Lahan bisnis. Efek bagi anak perempuan yang sering diberikan produk ber-hormon tadi, anak akan cepata datang menstruasi. Maka lebih cepat juga masa menopause-nya.

Kalau anak mendapatkan menstruasi pertama di bawah usia 12 tahun, maka masa menopause bisa datang di usia sekitar 40 tahun. Kalau anak menstruasi pertama dalam rentang usia 12-14 tahun, menopause datang di usia 45-50 tahun. Kalau anak mentruasi di atas usia 14 tahun, menopause akan datang lebih lama sekitar 55 tahun ke atas.

Efek samping dari menstruasi yang terlalu datang terlalu cepat, bisa terkena kanker, kista, myom, dsb.

Nah, soal perawatan kulit muka supaya tetap kencang dan awet muda, anti aging alami berupa rajin olah raga, jaga pola makan, dan positif thinking. Intinya gaya hidup sehat. Beliau mengajarkan pada pasiennya untuk memberikan sugesti positif pada diri. Setelah dandan cantik, ucapkan di depan kaca “Saya suka hidup sehat dan saya bahagia.” Ucapkan 30 kali dalam sehari setiap harinya.

Untuk krim anti aging bisa saja dipakai setelah muka dibersihkan. Pemakaian sabun muka(facial foam/facial wash/sabun batangan) sehari cukup satu kali saja. Susu pembersih dan scrub wajib bagi pemakai foundation. Baru kemudian krim malam, sebagai asupan makanan bagi kulit.

Bagi yang mengidamkan tubuh langsing dan sehat, olahraga harus ada dalam jadwal mingguan. Olahraga yang bagus untuk kulit yaitu loncat-loncat seperti aerobik dan lari. Untuk sumber makanan yang bagus bagi kulit yaitu mengandung kolagen, seperti lidah buaya, rumput laut, ikan, daging, dan gelatin. Perlu diketahui, tubuh kita membutuhkan kolagen sekitar 6 gram per hari. Usahakan makan makanan yang tidak mengandung tepung seperti ikan , daging, sayur, telur. Produk tepung, gula, lemak jahat memicu inflamasi, membuat kulit tidak sehat dan berat badan naik.

Acara ditutup dengan ngobrol menjelang puasa Ramadan. Kurang lebih 3 bulan lagi umat Islam menjalankan ibadah puasa. Kata beliau, “Kalau berpuasa kan menuruti perintah bos, jadi cara menjalaninya juga ikut cara bos.Bukan cara iklan di pinggir jalan (berbuka dengan yang manis).”

Ketika berbuka puasa, Islam memberikan contoh lewat Nabi Muhammad Saw. berbuka dengan 3 biji kurma besar, dan 2 biji kurma kecil. Kurma adalah makanan tinggi serat dan tinggi karbohidrat. Jadi gula darah dalam tubuh kita selama berpuasa dalam kondisi rendah, akan naik secara perlahan dengan mengonsumsi kurma tadi. Berbeda halnya ketika kita makan kolak. Kolak rendah serat namun tinggi karbohidrat. Jadi begitu berbuka langsung makan kolak, gula darah kita cepat sekali melonjak. Cara ini yang salah. Berbukalah dengan yang manis, bukan berarti segala makanan manis masuk ke dalam tubuh kita. Memang benar jika penderita diabetes berpuasa Ramadan, bisa sembuh diabetesnya. Dengan catatan sesuai anjuran Nabi Muhammad Saw. Berbuka dengan kurma, kemudian sholat Maghrib, setelah itu makan berat dan tidak sampai kenyang, setelah itu perut istirahat dari proses kunyah mengunyah.

Wah, emang kece ngobrol sama Dokter David, jadi kaya ilmu deh. Terima kasih banyak, ilmunya dokter!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s