Ironing Day Discussion

ilustrasi: museumbarangantik.blogspot.com

Diskusi Ironing Day

23 Februari 2016 narasumber Anna Farida berbagi link dari salah satu peserta Kulwap Keluarga Sehati, Greysia Susilo Junus seputar pendidikan ala Budha:

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10154085104699406&id=803594405&refid=17&ref=bookmarks&_ft_=top_level_post_id.10205650864166655%3Atl_objid.10154085104699406%3Athid.1105684952%3A306061129499414%3A10%3A0%3A1456819199%3A-3421087871172996719

Anna Farida: Cek, Greysia, tengkyuuu

Kholifah Haryani Kulwap:   terjemahin ke bhs indo dong mbak Greysia. Ngerti dikit sih tapi daripada salah paham.

Greysia Susilo Junus kulwap: Bukannya ada Bahasa Inggrisnya? Kalau begitu entaran, ya, ibu-ibu.

24 Februari 2016

Narasumber berbagi link seputar recehan yang beliau alami.

Anna Farida: Salam, Bapak Ibu. Masih ingat kebenaran recehan?
Ini curhat saya tadi pagi. Mau copas isinya di sini tar kena semprit Mahmud Admin

Boleh cek di sini: https://annafaridaku.wordpress.com/2016/02/24/cuma-tisu/?fb_action_ids=10205656806675214&fb_action_types=news.publishes&fb_source=other_multiline&action_object_map=%5B991028974299930%5D&action_type_map=%5B“news.publishes”%5D&action_ref_map=%5B%5D

Suci Shofia: Hehehe

K: Hahaha. Bu Anna saya kapok gara-gara tidak cek baju sebelum dicuci, malah mesin cuci jadi “rusak”. Yang jadi kambing hitam adalah paku, peniti & coin.

M: Ternyata seringkali kebenaran recehan cukup mengganggu kalau kita hiraukan.

K: Sekarang rajin cek isi kantong baju (lumayan, kadang dapat lembaran kertas rupiah  ), dan memasang kancing & resleting serta memposisikan bagian luar baju di luar untuk baju luar, & sebaliknya untuk baju dalam (biar bersih maksimal  ).
Hihi ribet dikit gak papa sampai suami nyeletuk, “Baju mau dicuci aja pake dihitung.”
Yang penting umur mesin cuci bisa awet.
#gitu juga kadang masih kecolongan.
E: Waah, sampai saat ini saya kalau mau nyuci baju juga sama harus disortir dulu. Isi saku, baju berwarna dan baju putih harus dipisah. Meskipun mesin cuci saya merk otot, alias suami yg nyuci.

Sh: Memang bener tuh, tau-tau serpihan kertas nempel di mana-mana. “Bodo amat” saya bilang dalam hati. Ntar nunggu kering aja.

R: Saya kira bahas uang receh

Anna Farida: Hebat, K, E. Milihin cucian itu hal tersulit nomor 8

E: Thanks, Mbak K.
Kancing hrs dikancingkan.
Resliting dirapatkan.
Baju, celana, jangan dibalik.
Pakaian dalam dibalik.
🏻 🏻
R: Aku juga kalo nyuci ada bagian baju yang di balik sesuai kode yang ada pada baju. Terus kalo BH dan sajadah aku masukkan ke dalam kantong cucian agar enggak rusak. Untung suami belikan mesin cuci pintar yang bisa setrika, tapi masih tetap aku setrika kalo kemeja kantor, sebab masih lecek kalo mukena sih enggak aku setrika sejak punya mesin pintar & bergaransi 5 taun pula asik.

D: Bu R   boleh info nggak mesin cucinya merk apa  karena nyetrika itu pekerjaan rumah terberat bagi D

T: Eh serius Bu R, ada mesin cuci yang bisa setrika?
Merk apa buu?

N: Di Indonesia udah ada belon?

Em: Mau. Soalnya mesin cuci front loading merk sh*rp adanya menu easy ironing jadi enggak kusyuuutttt.

T: Mba itu jd seperti udah disetrika gitu-kah?

R: Electrolux kita beli 3 taun lalu kalo ga salah. ga tau di tanah air ada apa ga atau coba tanya dealer Electrolux apa ada program bisa setrika atau ga.

M: Nggak kebayang..hihi… Potretin dong cara nyetrikanya.

N: Cara nyetrika yang cepat dan meningkatkan lapangan kerja adalah nyuruh orang, hehehe. Eh tapi kalo d LN mah ga segampang di Indonesia. Jadi berbahagialah kita masih tinggal di Indonesia, bisa nyuruh trus bayar (kecuali yang ga percayaan atau ga mau privasi-nya terganggu)

R: Nena kan ga boleh ada poto di sini kalo mau liat coba buka blog ku diwww.paraibeach.wordpress.com Aku termasuk orang yg ga percaya kerjaan orang lain. Jadi apa pun wajib dikerjakan sendiri puas & ga ngomel karena ga kepake kerjaannya.

N: Iya. Lupa.

R: Nanti a

ku buka & colek dikau ya N sayang

Rs: Pernah baca deh soal itu di FB kak R

N: Nah, banyak orang seperti Mbak R. Ibu saya juga begitu jadi saya tau kayak apa, hehehe. Semoga bahagia dengan pilihan kita masing-masing.
R: Rs, iya aku pernah bagi di FB dan pamer hasil lipatan yang sudah kering. Mb N, iyes say. Padahal banyak lho orang kita yang pakai asisten waktu mereka mudik. Tapi tidak bagiku, bahkan nyuapin anak-anak ketika mereka masih balita pun kulakoni sendiri, agar anak-anak benar-benar kita rawat sendiri & bertanggung jawab atas kelahiran mereka ke dunia ini dan mereka pun akan mencintai mamanya sepenuh raga karena layanan yang sangat berkesan sudah kita kerahkan buat mereka.

E: Mbak N. I love it…”Bahagia dengan pilihan masing-masing”

N: Saya juga ‘terpaksa’ memilih meminta bantuan orang lain shg ‘terpaksa’ menurunkan idealisme kebersihan dan kerapian KECUALI pelayanan kepada anak dan suami, catet, suami juga ya, hahaha.

E: Akhirnya bisa bebas dari ART setelah anak bungsu kelas 4 SD.

N: Hebat ya yang sudah bisa terbebas dan membebaskan diri dari ART. Aku sih NO, soalnya ngajar 5 hr, sabtu/ minggu kadang ikut seminar/ pelatihan buat menambah wawasan, soalnya kalo guru sekarang ga update, bisa tergilas jaman.

D: Betul, Mbak N.

E: Mbak N, aku juga fulltime kerja 07.30 s.d 16.00 WIB

N: Mbak M, kalo guru mah kerjaan sekolah juga suka dibawa ke rumah, hehehe ….

Subuh di 25 Februari 2016

Anna Farida: Weissss jadi seru setrika and nyuci academy (istilahnya Heni Prasetyorini).
Tengkyuuu

U: Setrika adalah pekerjaan yang paling suka, memberikan filosofi sekusut apapun masalahnya jika kita menggosoknya sepenuh hati maka segalanya akan menjadi halus dan licin dan wangi…halah

T: Wow, Pak U, saya harus belajar nampaknya. Kasih tips dan trik agar setrika menyetrika menyenangkan dong
Mahmud admin, ini msh urusan RT, boleh kan?

Suci Shofia: Mangga, Teh

N: Saya sih mending nyuci daripada nyetrika, soalnya nyetrika mah panas  kalo nyuci kan seperti main air, xixixi … #efekrumahyangjauhdaripantai

Ek: Betuul, Bu N. Biarkan strikaan numpuk mah, nyuci aja dech …

N: Saya mah berbagi saja sama ART yang ‘didatangkan’ seminggu sekali. Biar dia yang menyelessaikan ‘kekusutan’ hidup eh baju

G: Saya vote nyuci. Eh benernya sih njait lebih suka daripada masak.

Rs: Cuci juga hehehe

Em: Jahit, masak, nyuci, gak masalah … tapi nyetrika? nyeraaaaah… ga sanggup deh ngadepin kekusutan tiada akhir…hiks

Anna Farida: Ikutaaan. Saya tidak suka setrika, jadi saya pakai buat menyimak kursus kursus online atau rekaman ceramah. #nggakmaurugi

A: Saya suka nyuci. Bisa berjam-jam sambil ngayal….hehehe….setrika ga bisa sambil ngayal, panas, gerah….

T: Haha, toss semuanya. Kita harus dapet triknya nih. Konon kabarnya politikus Sutrisno Bachir itu hobi nyetrika. Menurut istrinya, yang nyetrika baju mereka ya si bapak. Kalau travelling pun, si bapak selalu bawa setrika.

Tapi meski saya berulang-ulang cerita kisah itu ke suami, suami saya tetap belum tergerak untuk ambil alih pekerjaan yang satu itu
Bu Anna, jadi maksudnya nyetrikanya sambil dengerin ceramah yaa? #let’s try

Anna Farida: Yoai, karena ketika nulis kan nggak bisa. Setrika sih mekanis

Sh: Sama dunk, sama Mb Anna. Dengerin ceramah via youtube, atau sambil baca status teman  , twitteran, dengerin radio. Pokoknya menggilas kebosanan dalam merapikan kekusutan tadi  .

T: Haha, saya selama ini nyoba sambil nonton, tapi jadinya 1 baju 15mnt

Em: Hahaha … bener tuh mbak, setrika disambi-sambi bisa ga kelar ya. Mesti penuh konsentrasi & penghayatan. Saya suka jadi lama banget karena kalo ada yang ga beres sama bajunya dibener-benerin dulu. Misalnya kancing lepas, robek, dll.

L: Saya lebih suka seterikaa. Nyuci membuat tangan alergi gatal kena sabuun. Ho ho.

N: Nyetrika sambil nonton??? Gak banget …. Kebayang ih nyetrika sambil nonton Daniel Craig, huhuy bisa-bisa gosong semua dah

Sw: Wuiih rameeenyaa pagi-pagi.

Rs: Gimana kalau saling bantu. Yang suka setrika kita minta tolong setrika.
Yang suka nyuci kita minta tolong nyuci.

Barengan di satu tempat sambil ngerumpi.

Dijamin gak selesai wkwkwwk.

Sh: Hahaha sip idenya Mb Rs

N: Mbak Rs, kayak anak-anak yang kerja kelompok. Tugasnya malah ga selesai karena banyak ngerumpi dan makan-makannya, hehehe ….

T: Wkwkwk … Mba Rs idenyaa

Em:Kalo ngumpul ya cuma ngerumpi sama ngemil yang lain pasti keteteran, wkwkwk. Oia.. kan iklan deterjen ada tuh yang mottonya “mencuci sendiri” bisa ditinggal ngerumpi.
Ei: Mencuci sendiri yaahh?? Hehehe, mungkin maksudnya mencuci sendiri tanpa bantuan si mbak asisten.

Anak Susah Makan

Y: Assalam, Bunda-bunda. Boleh curhat ya?
Anak saya yang pertama susaaah bangeeet makan. Setiap harinya saya harus selalu “mengingatkan” biar makannya cepet.
Anak saya ini kalo makan paliiiing sebentar ya 1 jam.
Rasanya lelaaah banget ngingetinnya. Jadi rungsiiiing trus tiap pagi … bikin badmood.
Ada yang bisa kasih saran?

W: Bunda Y coba anaknya dilibatkan untuk masak dengan fun. Kalo hasil karyanya sendri mungkin adeknya juga seneng makannya.

Ls: Saran yang bagus.

Um: Setuju Mbak W, adik saya juga kalau diajak masak (walaupun sekedar telur dadar) bakal excited pas makannya, sambil lapor sana sini kalau itu buatan dia.
Y: Iya, makasih bunda atas sarannya.
Patut dicoba.

Em: Umur berapa anaknya mbak?  Laki-laki atau perempuan? Ada anak yang cenderung picky eater alias pilih-pilih makanan tertentu saja. Kalau anaknya masih kecil makan sampai lama mungkin ada masalah pencernaan.

Y: Anak saya umurnya 7 tahun kelas 2 SD.
Kalo makan suka melamun  ga cepet dikunyah, trus suka takut kalo telat masuk sekolah. jadi kalo pagi makannya g pernah habis, dan betuul memang bunda Em dia nih picky eater. Beda banget sama adiknya yang makan cenderung banyak. Yang bikin saya khawatir badannya kecil. Berat badannya  17 kilogram. Sama dengan adiknya yang beda 4 tahun.
Saya sudah coba pake makanan yang dibentuk kayak boneka tapi rasanya tidak berpengaruh. Pernah  minum vitamin penambah nafsu makan, ga bisa juga. Saya juga pernah coba susu pe*****re  ga berhasil juga.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s