Tanya Jawab Disiplin Positif

gambar dispilin
Ilustrasi: dreamstime.com

Pertanyaan di kulwap #10 tema “Disiplin Positif”

Tanya

Saya sering kebingungan dengan anak ABG saya. Usia nya 14 tahun. Maret tahun depan 15 th.  Saya akui hubungan kami  (saya dan suami) sedang ada masalah serius. Saya ingin anak-anak bisa tumbuh dengan baik.

Anak saya yang kedua berusia 5 tahun. Anak ABG saya menyibukkan diri dengan ikut futsal (saya pikir positif). Yang membuat saya khawatir dia ngefans berat sama salah satu club bola lalu sering nobar  (nonton bareng) pertandingan klub kesayangannya di kafe-kafe yg tentu saja usia penontonnya variatif dan pastinya banyak orang dewasa.

Waktunya juga kadang malam, belajar bahkan larut malam. Saya suka melarang tapi kadang saya kalah dan saya izin kan juga dia pergi nobar. Pelajaran nya juga menurun drastis karena dia jarang sekali belajar.

Pertanyaan saya, dengan kondisi seperti yang saya sebutkan tadi, bagaimana kami harus membicarakan masalah peraturan yang sejujurnya jarang kami tegakkan di rumah kami. Saya mohon jawabannya. Terima kasih. Maaf kalo kepanjangan. Dan maaf juga kalau ada kata-kata yang tidak berkenan.

 

Jawaban Anna Farida

Salam,
B Evi, masalah yang dialami orang dewasa seyogyanya tidak melibatkan anak-anak.
Pasti berat, namun itu wujud tanggung jawab kita sebagai orang tua.

Jika hubungan ayah ibu tak harmonis, hubungan anak orang tua wajib ekstra harmonis.

Tetap berlakukan aturan, karena aturan diperlukan anak untuk panduan dan rasa aman. Dia akan yakin bahwa posisinya sebagai anak tetap diperhatikan walau ayah ibu sedang ada problem.

Ajak dia diskusi, apa yang harus dilakukan agar semua lebih baik, termasuk penegakan disiplin di rumah dan di luar rumah.

Perlu disadari,  dalam kondisi ini, kepercayaan anak pada orang dewasa sedang luntur, dia menganggap orang dewasa pun tak sanggup mengatasi masalahnya sendiri. Karena itu kadang muncul perilaku yg kurang menyenangkan dari anak.

So, lebih sabar itu kemestian 🌿🍃 Tetap kuat, ya, Bu.

One thought on “Tanya Jawab Disiplin Positif

  1. Pingback: Disiplin Positif | uchishofia

Leave a Reply

