Gaji (Tidak) Dipotong Pajak

gambar pajak2Apakah sempat terlintas di pikiran Anda rasa tidak rela ketika gaji bulanan yang pas-pasan itu masih harus dipotong pajak? Dolar naik, otomatis harga ikut naik, biaya hidup meroket, ditambah lagi tidak ada tambahan penghasilan, eh masih harus setor buat pembangunan negara. Daripada ngeluh, yuk, simak info hasil tanya jawab dengan Zeti Arina, seorang Konsultan Pajak bersertifikat Brevet C, juga Ketua Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Surabaya berikut ini:

Kabar terbaru dari Pemerintah melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomer 122/PMK.010/2015 tentang Penyesuaian Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak tanggal 29 Juni 2015, yaitu mengenai naiknya batasan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari yang sebelumnya punya gaji sekitar 24,3 juta per tahun, menjadi yang memiliki penghasilan 36 juta per tahun. Ini berlaku bagi wajib pajak dengan status belum menikah dan tanpa tanggungan.

Nah, bagaimana kalau sudah menikah dan punya 3 anak? PTKP nya menjadi 81 juta setahun atau 6.750.000 per bulan. Kalau sudah menikah dan memiliki tanggungan 2 anak maka PTKP nya 78 juta per tahun. Bagi yang sudah menikah dengan tanggungan 1 anak, PTKP sejumlah 75 juta per tahun. Untuk yang sudah menikah tapi belum punya tanggungan, PTKP senilai 72 juta per tahun. Bagaimana kalau pajak sudah terlanjur dipotong? Padahal peraturan baru keluar tanggal 29 Juni 2015 kemarin. Nah, untuk kasus demikian, maka akan dihitung ulang oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Kelebihan angka tadi akan dihitung sebagai pengganti potongan pajak untuk bulan berikutnya.

Alasan kenapa pemerintah menaikkan PTKP tahun 2015 adalah adanya kenaikan harga BBM, tarif dasar listrik dan kenaikan harga barang, yang berimbas pada lambatnya pertumbuhan ekonomi ditandai dengan lesunya daya beli masyarakat. Keuntungannya dengan kenaikan PTKP ini, potongan pajak akan berkurang, otomatis gaji yang diterima lebih besar.

Harapannya dengan adanya kebijakan baru ini agar dapat mendorong daya beli masyarakat agar perekonomian Indonesia kembali “semangat”.

Masih penasaran, silakan diskusi lebih lanjut dengan klik Zeti Arina.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/06/26/093317526/PTKP.Dinaikkan.Gaji.Rp.3.Juta.Tidak.Kena.Pajak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s