Siap Menghadapi MEA bersama Formasi-G

ilustrasi: rizhu189.blogspot.com
ilustrasi: rizhu189.blogspot.com

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan berlaku akhir tahun 2015 nanti, setiap warga Indonesia harus siap menghadapinya. Ada indikasi negara kita akan semakin kalah bersaing dengan negara lain. Menilik pada angka perdagangan kita terhadap ASEAN sejak tahun 2011 sudah defisit dan semakin melebar saja. Juga banyak data memperlihatkan perusahaan, produk, hingga sumber daya manusia (SDM) kita bakalan keok beradu dengan serbuan impor.

Berawal dari kepedulian terhadap bangsa, Dr. Suyoto Rais seorang anak bangsa setelah 25 tahun melanglang buana, membentuk Formasi-G sebuah forum bersama untuk memahami kondisi global, berpikir dan bersikap pada solusi. Harapannya seluruh masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada peduli terhadap isu tersebut dengan berbakti dan berbagi bersama agar negara kita memiliki daya saing dan siap menyambut MEA sebagai sebuah anugerah.

Harapannya dengan adanya Formasi-G sebuah forum dengan berjuta manfaat ini mampu menumbuhkan semangat bangsa agar lebih produktif demi mewujudkan insan Indonesia yang siap Go Global.

Visi Formasi-G yaitu meningkatkan daya saing Indonesia menghadapi globalisasi dunia.

Misinya adalah membantu produk/SDM Indonesia agar mampu berjaya di pasar domestik, membantu meningkatkan nilai tambah produk/SDM Indonesia agar diterima di pasar global, membantu pemerintah/instansi terkait dalam menggali, memetakan, dan mengembangkan potensi nasional dalam membangun “Indonesia Corporation” yang kokoh.

Formasi-G juga berbagi sarana dalam melakukan investigasi, diskusi dan analisa, training dan skill up lainnya, dll. Semua bertujuan agar menghasilkan informasi, ide, dan aktivitas agar meningkatkan daya saing produk dan sumber daya manusia Indonesia di kancah global.

Formasi-G berencana akan mengadakan kegiatan seperti mengelola homepage, milis, dan media sosial sebagai sarana berbagi informasi global, mengajak anggota untuk menulis baik di media massa maupun website, berdiskusi via surat elektronik dan media sosial, seminar dan kuliah umum bertema meningkatkan wawasan global, serta merilis buku atau rangkuman lainnya yang akan dibagikan kepada instansi terkait juga anggota.

Saat ini, Formasi-G sudah bekerjasama dengan beberapa lembaga ternama, seperti IABIE (Ikatan Alumni Program Habibie), Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional, TGCI (The Green Coco Island), Gerakan “Beli Indonesia”, JPMI (Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia), dan lainnya.

Juga mengajak beberapa komunitas dari berbagai latar belakang, yaitu pengusaha, praktisi industri, peneliti, petani, pedagang, karyawan, mahasiswa, dan lain-lain. Dengan harapan, terwujud insan Indonesia menyambut kedatangan MEA sebagai pintu menuju puncak kesuksesan.

Langkah yang sudah dilakukan seperti training sertifikasi profesi, sertifikasi kualitas produk, standarisasi dan pendaftaran paten produk, training skill profesi, kursus bahasa asing, dan sebagainya.

Siapapun Anda selama masih berstatus sebagai warga Indonesia dan peduli masa depan bangsa, bisa bergabung dengan Formasi-G.

Sekretariat (Pak Adam):

Gedung Ir. H. M. Suseno, Jalan RP Suroso No.6
Cikini, Menteng, Jakarta 10330, Indonesia

Telp: 021-89117615, WA : 0812-9359-0989

Email:info@formasi-g.net (Jaya, Ayu, Siska)

Advertisements

2 thoughts on “Siap Menghadapi MEA bersama Formasi-G

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s