Ngambek

ilustrasi: gnodesain.com
ilustrasi: gnodesain.com

“Ngambek,purik, minggat” seringkali dilakukan wanita utk menarik perhatian pasangan supaya pasangan lbh mengerti, tdk didiamkan, minta maaf dsb tapi sayangnya sll diawali dg sebab yg gak jelas, berbeda dg saya tipe orang yg asertif kalau ada masalah atau sesuatu yg tdk mengenakkan akan to the point ngomong dan pingin dicari solusi secepatnya, mmg orang yg di komplin akan lbh gak enak tp menurutku lbh baik tiada dusta supaya tau maunya kita. Saya bayangin orang yg ngambek terus minggat itu berangkatnya gagah perkasa asal gak kembali lagi, tapi kalau kembali malunya itu lo. Makanya menurutku kalau ada masalah segera diselesaikan gak perlu diam atau ngambek. Kalau cowok ada yg suka ngambek gak? Kalau cowoknya yg suka ngambek gimana ya?

Demikian bunyi status facebook seorang konsultan pajak Indonesia, Zeti Arina, sekaligus CEO Artha Raya Consultant, juga Ketua IKPI (Ikatan Konsultan Pajak Indonesia) Surabaya ini. Ada yang berbeda dalam tampilan tulisan beliau, biasanya membahas tak jauh dari persoalan pajak. Namun tulisan yang ini membahas hal yang berbeda.

Memang diakui dalam rumah tangga ada saja persoalan yang bisa menimbulkan keributan. Mulai dari hal sepele sampai masalah besar. Handuk yang ditaruh sembarangan setelah mandi, tidak mau membantu dalam urusan domestik juga pengasuhan, kurang perhatian dari pasangan, dan berbagai sebab lainnya yang berujung pada pertengkaran hebat.

Ketika salah satu pasangan merasa tidak dihargai, dan dalam kondisi dikuasai oleh emosi negatif, maka pikiran pendek akan bekerja. Ada yang memilih untuk pergi dari rumah (minggat, purik: jawa). Ada yang beraksi tutup mulut, ada juga yang mengambil sikap dengan menenangkan diri, kemudian menyampaikan uneg-unegnya dengan kepala dingin.

Pilihan untuk duduk bersama, mencari solusi terbaik, dilakukan dengan  komunikasi sehat patut untuk dicoba. Memang perlu kedewasaan dalam bersikap ketika menghadapi sebuah masalah. Segera selesaikan masalah, kemudian jalani hari baru yang lebih baik.

Pilihan ada ditangan Anda!

Kabur atau hadapi!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s