Pilih Tunai atau Gesek?

ilustrasi: surabaya.tribunnews.com
ilustrasi: surabaya.tribunnews.com

Anda para pengguna kartu kredit dan debet tentu tidak asing dengan EDC (Electronic Data Capture). Sebuah alat yang menggunakan teknologi wireless yang berada hampir di setiap pusat perbelanjaan, minimarket, supermarket, butik, toko perlengkapan olahraga, restoran, penginapan, dan outlet-outlet yang tersebar di kota Anda.

Orang terbiasa menyebut “mesin gesek”, karena dalam pemakaiannya kartu digesek ke alat EDC. Cukup mudah penggunaannya, tinggal gesek kartu, memasukkan pin, asal saldo Anda mencukupi maka transaksi berhasil dilakukan.

Beberapa waktu yang lalu dalam menggunakan EDC ini memang sempat menggunakan tandatangan si pemilik kartu. Namun per 1 Januari 2015 pemerintah menggalakkan SIAPPIN demi meminimalisir penyalahgunaan kartu. Meski dalam perjalanannnya masih ada beberapa merchant (pemilik usaha) yang masih meminta tandatangan pelanggan sebagai bukti pengesahan.

Pengadaan alat ini merupakan kerjasama antara merchant dengan bank tertentu. EDC telah banyak dimanfaatkan sebagian orang karena ada rasa tidak aman ketika membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Jika hendak melakukan transaksi, baik dalam jumlah besar maupun kecil, lebih memilih menggunakan kartu, baik debet maupun kredit. Selain itu unsur praktis menjadi salah satu alasan.

Sosok Veronica Ratnaningrum merupakan salah satu yang terlibat didalamnya. Perempuan lulusan Southern Illinois University ini merupakan pemilik usaha PT. Masterindo Multiguna yang memiliki jaringan merchant seluruh propinsi di Indonesia. Profesinya sebagai Konsultan Marketing menjadi penghubung antara perusahaan dengan kliennya, yaitu beberapa bank ternama di Indonesia. Layanan yang ditawarkan berupa redemption program, voucher, promosi diskon, top spender, dll. Semua berupaya dalam peningkatan transaksi secara signifikan. Tentunya demi meningkatkan keuntungan perusahaan tersebut.

Pastinya berbagai upaya dilakukan dari pihak merchant agar pelanggan meningkatkan transaksi, namun Anda adalah pemegang kendali atas semuanya. Apalagi menjelang lebaran seperti sekarang, kebutuhan untuk merayakan hari raya dengan aneka printilannya tentu menghabiskan dana yang cukup banyak.

Pastikan untuk memilah antara kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai kebobolan hanya karena tergiur aneka diskon dan berbagai penawaran. Mari belajar bijak dalam menggunakan kartu.

Advertisements

4 thoughts on “Pilih Tunai atau Gesek?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s