PNS Harga Mati?

gambar pajak2Ada sebagian orangtua mengharapkan anak-anaknya menjadi Pegawai Negeri Sipil alias PNS. Mereka  berharap dengan menjadi abdi negara, ada gaji tetap setiap bulannya, dan ketenangan secara finansial di hari tua (uang pensiun).

Begitu pula dengan seorang konsultan pajak, CEO Artha Raya Consultant, juga Ketua IKPI (Ikatan Pajak Indonesia) Surabaya, Zeti Arina, ia dan saudara kandungnya diarahkan oleh orangtuanya untuk menjadi guru.

Sebagai seorang anak, ia ingin memenuhi keinginan orang yang paling berjasa dalam hidupnya, namun juga bercita-cita memiliki usaha sendiri.

Jalan terang hidupnya bermula ketika ia bekerja di sebuah perusahaan, semua rekan kerjanya tidak ada memahami soal pajak. Muncul motivasi beliau ingin mendalami ilmu perpajakan. Ia serius menunjukkan kepada orangtuanya bahwa menjadi konsultan pajak juga bisa mendapatkan hidup layak.

Menurutnya banyak orang kurang berminat dengan ilmu pajak. Namun bagi Zeti, ia malah penasaran dengan dunia tersebut. Ibaratnya kalau ingin menaklukkan musuh, maka harus masuk ke sarangnya. Ia pun bertekad untuk belajar dengan serius agar menjadi seorang ahli pajak.

Zeti telah menangkap peluang, bahwa tidak banyak orang yang menekuni bidang ini, artinya tidak terlalu banyak saingan. Ucapan dosen yang masih ia ingat, ada 2 hal yang tidak bisa dihindari dari dunia ini, yaitu pajak dan kematian.

Baginya profesi tersebut sangat menjanjikan. Pertama, tidak semua orang suka belajar pajak. Kedua, pajak merupakan suatu kewajiban bagi setiap warga negara.

Ia pun membuat strategi. Harus tampil beda dalam kesan negatif masyarakat soal pajak. Penuh suap dan makelar kasus. Ia bertekad menjadi konsultan profesional. Kisah pahit diawal tentu ada. Ia tidak laku di kalangan perusahaan lokal. Zeti tidak menyerah begitu saja, malah lebih suka mendapatkan klien asing yang taat pajak.

Akhirnya setelah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melakukan reformasi dan modernisasi perpajakan, banyak perusahaan menyadari pentingnya tertib pajak. Dan kini banyak perusahaan membutuhkan jasanya. Dan sampai saat ini lebih dari 100 perusahaan besar dan asing menjadi kliennya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s