Tempat Sih Cozy, Soal Rasa? Ga Janji!

gambar sendaok garpuBeberapa cafe di seputaran Kota Bandung mempunyai trik tersendiri untuk menarik perhatian pengunjung. Penataan interior yang keren, menu variatif, rasa yummy di lidah, juga menampilkan live music band lokal di malam minggu.

Ada kisah dari keluarga kecil yang berniat makan malam di luar, sambil menikmati kebersamaan. Sebuah cafe yang menyediakan arena permainan anak, seperti rumah pohon, perosotan, dan flying fox mini menjadi pilihan. Juga karena ada live music yang semakin menambah daya tarik tersendiri.

Begitu memasuki cafe, terasa sekali kehangatan keluarga yang terpancar di sana. Ruangan yang luas dan lega, penataan kursi dan meja dengan apik, wallpaper yang homy, jarak antar meja cukup jauh membuat hati terasa lapang.

Segera pelayan menyambut dengan ramah, menyodorkan daftar menu yang terbuat dari kayu yang bertuliskan daftar makanan. Unik sekali. Mereka segera memilih makanan favorit masing-masing. Dalam waktu kurang lebih 15 menit, pelayan datang membawa makanan pesanan.

Namun ketika menyantap makanan yang tersaji, ada rasa kecewa di sana. Rasa makanan terasa kurang sinkron dengan suasana cafe yang cozy. Sepertinya, ini bakalan menjadi kunjungan pertama dan terakhir.

Segera setelah selesai menikmati makanan dan anak-anak sudah puas bermain, mereka meminta tagihan (bill) kepada pelayan.

kole
koleksi pribadi

Dalam struk pembayaran, tertera jumlah pajak yang harus dibayar. Pajak restoran dan pajak pelayanan (service charge). Menurut Zeti Arina, seorang konsultan pajak dan CEO Artha Raya Consultan, pajak untuk bisnis kuliner termasuk dalam pajak daerah. Pajak restoran senilai 10% dibebankan kepada setiap orang yang makan di restoran tersebut, yang kemudian akan disetorkan kepada Pemerintah Daerah.

Untuk pajak pelayanan, merupakan kebijakan masing-masing tempat usaha dalam penerapannya.

Service charge itu nantinya dibagi ke semua pegawai. Jadi kalau tamunya banyak, bagian masing-masing juga banyak.” Jelas Zeti Arina.

Nah, jangan lupa ada pajak yang harus  kita bayar ketika wisata kuliner, baik itu di cafe maupun restoran. Malu dunk kalau ga bisa bayar karena lupa menghitung pajaknya.

Advertisements

2 thoughts on “Tempat Sih Cozy, Soal Rasa? Ga Janji!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s