Math is Fun

sumber foto: ipinchow.com

Bagi pelajar yang merasa kurang minat dengan matematika, pastinya akan mengernyitkan dahi begitu mendengar kata matematika. Mata pelajaran yang satu ini memang termasuk dalam mata pelajaran wajib di sekolah, mulai dari jenjang SD sampai SMA. Mau tidak mau pasti bakalan berinteraksi dengan si matematika ini.

Seperti memecahkan misteri. Jadi jangan menganggap matematika itu sulit hanya karena hitung-hitungan. Anggap belajar matematika itu sebagai permainan untuk memecahkan misteri. Nanti kalian akan tahu, matematika itu memang asyik.” kata Professor Iwan Pranoto seorang Guru Besar Matematika dari ITB menggambarkan seperti apa matematika.

Perlu diketahui pelajaran matematika di Indonesia lebih sulit daripada di negara lain seperti Jerman dan Amerika. Pembelajaran matematika di negara kita lebih mengutamakan pada ketrampilan berhitung daripada pengembangan logika dan nalar. Sedangkan di negara lain dalam belajar matematika lebih mengutamakan pengembangan logika dan nalar. Faktanya matematika bukan hanya hitung-hitungan. Namun lebih dari itu, ada pengembangan logika dan nalar disana.

sumber foto: http://www.play.google.com

Salah satu cara untuk bersahabat dengan matematika adalah dengan mengubah pola pikir mengenai si matematika ini. Dengan menganggap bahwa matematika seperti sebuah permainan memecahkan misteri, tentunya anda akan antusias mempelajarinya. Setiap ada soal matematika, otak kita akan segera memberikan respon berapa hasil dari soal tadi. Setelah ada rasa penasaran, maka akan ditindaklanjuti dengan memecahkan soal tersebut.

Cara lainnya, anda bisa belajar dari buku Cenat-Cenut Matematika karya Nunu El-fasa. Dalam buku tersebut terdapat bonus trik perkalian garis hingga ribuan dan seterusnya, tips belajar matematika, dan tips mengajar matematika. Jadi, sudah siap belajar matematika hari ini?

Sumber: http://anakbertanya.com/katanya-pelajaran-matematika-sd-sma-di-amerika-dan-jerman-tidak-sesulit-di-indonesia-kenapa-teknologi-negara-mereka-jauh-lebih-maju-g/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s