Sejarah Singkat Hari Guru Nasional

sumber foto: kopimanislumajang.wordpress.com

Di Indonesia, setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Berbeda dengan di Korea Selatan, Hari Guru diperingati setiap tanggal 15 Mei. Hari Guru Nasional diperingati sebagai bentuk penghargaan kepada seluruh guru di Indonesia.

Hari Guru Nasional ini bertepatan juga dengan lahirnya korps Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945. Penetapan Hari Guru Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Peringatan Hari Guru Nasional dirayakan dengan upacara peringatan di setiap sekolah dengan memberikan tanda jasa bagi para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Namun pada tanggal tersebut tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Awal mula sejarah PGRI saat itu bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) di tahun 1912. Sifat organisasi ini unitaristik (tidak memandang perbedaan ijazah, kedudukan, tempat kerja, agama, suku, golongan, gender, dan asal usul). Anggota dari PGHB tersebut adalah guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. Mereka bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Tingkat Dua.

Pasca dua dekade, nama PGHB diganti menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Penjajah Belanda merasa tidak suka dengan nama Indonesia karena menunjukkan semangat kebangsaan. Berbeda dengan para guru dan bangsa Indonesia yang merasa senang dengan perubahan nama tersebut.

Semangat kebangsaan dan perjuangan, membara di dada guru Indonesia. Meski pada jaman penjajahan Jepang sempat dilarang segala bentuk organisasi, semangat kemerdekaan membuat PGI mengadakan Kongres Guru Indonesia 24-25 November di Surakarta. Kemudian hasil kongres menetapkan tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari PGRI. Sebagai bentuk penghormatan kepada para guru, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional.

Nah, jika anda merasa memiliki rasa cinta kepada guru dan ingin memberikan kenang-kenangan kepada mereka, bisa anda berikan sebuah buku berjudul Secangkir Kopi Kehidupan Guru Karya Meti Herawati. Berisi kisah insperatif tentang persahabatan, perjuangan dan pengabdian para pendidik. Yuk, berikan kenang-kenangan yang tak lekang oleh waktu untuk guru yang telah berjasa dalam kehidupan anak bangsa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s