Kenapa Harus Ada Pajak?

sumber foto: dealovangga.blogspot.com

Beli minuman di minimarket, kena pajak pertambahan nilai (PPN). Makan di restoran kena pajak daerah. Gaji bulanan, kena pajak penghasilan (PPn). Beli sepeda motor, kena pajak kendaraan bermotor. Apalagi beli mobil mewah, kena pajak pertambahan nilai barang mewah (PPN BM). Gede lagi nilainya. Kenapa sih semua-semua harus dikenakan pajak?

Zeti Arina seorang konsultan pajak juga CEO Artha Raya Consultant, juga ketua IKPI (Ikatan Konsultan Pajak Indonesia) Surabaya mencoba untuk menjelaskan kenapa semua barang dikenai pajak. Beliau memaparkan bahwa penggunaan uang pajak antara lain untuk membayar gaji PNS, membangun jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit/puskesmas, kantor pemerintahan, subsidi masyarakat miskin, subsidi sekolah, kesehatan, dan sebagainya.

Ketika kita membeli minuman dan makanan di minimarket maka akan kena PPN. Hampir semua barang konsumsi kena PPN. Namun ada pengecualian untuk kebutuhan pokok seperti beras, telur, daging yang tidak melalui pengolahan industri yang tidak terutang PPN tidak akan kena pajak. Tapi bila suatu barang diolah dan mengandung nilai tambah, maka akan terutang PPN.

Selain membeli barang dengan terutang PPN, juga ada barang yang terutang PPN BM. Misalnya: handphone, tas mewah merk Hermes, parfum, mobil, yang masing-masing mencapai nilai ratusan juta rupiah. Pajak yang tinggi dimaksudkan supaya masyarakat tidak berlaku konsumtif. Bahkan untuk mobil mewah PPN BM nya sampai 150%.

Lucunya orang Indonesia, semakin mahal harga barang, maka semakin tinggi kebanggaan atas barang yang mereka miliki. Padahal mahalnya nilai barang yang dia beli itu dikarenakan nilai pajaknya yang tinggi. Mereka tidak sadar telah ikut menyumbang kemajuan bangsa dengan membeli mobil mewah.

Nah, dengan penjelasan dari Zeti Arina diatas semoga kita bisa memahami dan mengerti kenapa hampir semua barang kena pajak. Dan kita bisa merelakan membayar pajak untuk kepentingan bersama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s