Kreatifitas dari Kertas

Ditengah kisruh kenaikan harga BBM bersubsidi, saya sebagai ibu rumah tangga yang “memangku jabatan” sebagai manager keuangan, sempat berfikir bagaimana dengan harga-harga kebutuhan pokok? Dan saya punya anak kecil. Mereka pasti butuh mainan. Harga mainan bagaimana? Pasti naik dong!

Lalu bagaimana? Berfikir dan berfikir, dan ahaaa … saya mempunyai ide mengaktifkan kembali barang-barang yang tidak terpakai menjadi mainan yang aman dan menyenangkan buat anak. Pengalaman masa kecil dengan ibu tercinta yang suka membuatkan mainan dari kertas, langsung terbersit ide untuk membuat kreatifitas dari kertas tak terpakai.

Lalu saya ajak kedua anak saya, Aga 6 tahun dan Apim 3,7 tahun untuk berkreasi bersama. Saya memulai dengan berimajinasi akan membuat sebuah bunga dalam pot.

Bahan:

  • Kertas Plano (kertas apa saja yang ukuran besar atau kertas bekas ukuran A4 yang sebaliknya masih kosong yang digabung sehingga menjadi lembaran kertas yang cukup lebar).
  • Kertas tebal yang sudah dibentuk lingkaran (bisa dari kardus susu dll, sebanyak 5 buah, satu kertas diberi warna yang berbeda).
  • Spidol/pensil warna/krayon.
  • Gunting.
  • Lem.

Langkah:

  • Ambil satu kertas warna (I) yang berbeda, beri lem di sisi luar di empat titik. (Arah jarum jam 12, 3, 6, 9).
  • Buat pola dengan kertas warna (II-V) dengan cara menyusun bertumpuk sehingga menyerupai sebuah kelopak bunga.
  • Kertas warna (II-V) di tempelkan diatas kertas warna (I) yang telah diberi lem.
  • Balik kertas warna tadi, dan beri hiasan mata, hidung, dan mulut.
  • Lalu beri lem lagi di bagian belakang, dan tempelkan di kertas plano.
  • Gambarkan pot bunga dan daun, memakai spidol/krayon/pensil warna.
  • Anda bisa juga menambahkan gambar sesuai imajinasi.

Dan ternyata Aga mempunyai ide sendiri untuk membuat kepala mickey mouse. Dan saya membantunya untuk mewujudkan imajinasinya. Dan si kecil Apim membantu menggambar mata dan mulut di kelopak bunga. Dia juga meminta untuk membuat kucing dan ikan.

Semuanya berkat imajinasi. Jadi tidak ada kata tidak bisa berkreasi karena harga merangkak naik. Kreatifitas bisa kita buat dari sekitar kita. Asal ada kemauan untuk mendidik anak-anak dengan cara yang menyenangkan, sekaligus memicu kreatifitas bersama anak.

Supaya semakin intens berkreasi sembari bersenang-senang bersama anak-anak tersayang, kita bisa menggunakan metrik sebagai mesin pengingat dan penyemangat. Dengan metrik, kita bisa menuliskan rencana kegiatan apa yang akan kita lakukan dengan anak-anak selama sebulan penuh. Mau coba?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s