Waspada MERS CoV

WASPADA MERS CoV

MERS CoV (Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus) atau Sindrom Pernafasan Timur Tengah yang disebabkan oleh virus Corona sedang menjadi bahan pembicaraan hangat saat ini. Dimana sebagian besar Warga Negara Indonesia (WNI) banyak beraktifitas seperti beribadah haji dan umrah, juga yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negara yang menjadi asal dari virus ini yaitu Saudi Arabia,.

Virus Corona mulai merebak di Saudi Arabia sejak 2012, dan diduga virus ini menyerupai virus di tubuh kelelawar dan unta. Penularan dari hewan ke manusia bisa terjadi salah satunya dikarenakan kedekatan manusia dengan binatang peliharaan.

Lalu apa tindakan kita untuk mencegah terinfeksi virus yang satu ini? Kuncinya adalah selalu menjaga daya tahan tubuh agar selalu fit dan menjaga kebersihan diri. Rajin mencuci tangan dengan sabun setiap selesai beraktifitas, sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil dan buang air besar, dan setelah bangun tidur. Cairan antiseptik untuk membersihkan tangan juga bisa dipakai untuk membersihkan tangan ketika situasi tidak memungkinkan untuk mendapatkan air dan sabun.

Daya tahan tubuh yang baik bisa tercapai dengan istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat, banyak minum air putih dan olah raga secara teratur. Memakai masker bagi yang sehat maupun yang sedang sakit batuk dan pilek ketika berada di keramaian sangat dianjurkan untuk mencegah tertular atau menularkan virus kepada orang lain. Etika batuk dan pilek harus diterapkan, selalu menutup mulut ketika batuk dan bersin dengan tisu, dan buang pada tempatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s