Menghadapi Kenaikan Harga di Bulan Ramadhan

Menghadapi Kenaikan Harga di Bulan Ramadhan

Kenaikan harga bahan pokok bisa dipastikan setiap menjelang bulan Ramadhan, bahkan jauh-jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadhan pun harga sudah mulai merangkak naik. Kondisi seperti ini akan terus berlangsung hingga hari raya Idul Fitri usai. Kita sudah mengalaminya dari tahun ke tahun.

Sebagian masyarakat tentu merasa terbebani dengan kondisi demikian. Dimana tahun ajaran baru sekolah dimulai, kemudian masih harus mempersiapkan untuk menyambut Ramadhan dan Idul Fitri, semua membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Peran pemerintah harus ada disini. Lakukan upaya secara maksimal untuk menyakinkan dan menjamin bahwa stok bahan pokok akan aman sampai hari raya Idul Fitri. Kemudian pasar harus diawasi, jangan sampai ada yang melakukan penimbunan untuk keuntungan pribadi. Pastikan ada pihak yang bertugas untuk mengamankan stabilitas pasar.

Kita sebagai masyarakat juga berusaha untuk berhemat menghadapi kenaikan harga. Bukan hanya mengandalkan pemerintah saja. Buat catatan apa saja yang dibutuhkan, bukan diinginkan dalam satu bulan kedepan. Berapa budgetnya? Sesuaikan dengan kondisi keuangan kita. Apakah barang-barang atau makanan yang akan kita beli memang kita butuhkan atau hanya sekedar kepengen saja? Jadilah masyarakat yang cerdas menghadapi gejolak zaman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s