Kebijakan Perlindungan Anak di Sekolah

Berita kekerasan seksual terhadap anak semakin hari kian terkuak ke permukaan. Para orangtua mulai berani buka suara tentang apa yang terjadi dengan anaknya setelah si anak menunjukkan sikap yang tidak seperti biasa. Ini merupakan langkah positif untuk menghancurkan fenomena gunung es kekerasan terhadap anak.

Kekerasan yang terjadi di area sekolah, yang notabene merupakan lingkungan tempat anak-anak belajar dan bersosialisasi berubah menjadi tempat beraksinya para predator. Anak-anak menjadi sasaran empuk bagi mereka karena dianggap lemah, secara fisik lebih kecil, secara psikologis mudah terperdaya, gampang untuk ditipu dengan sedikit iming-iming.

Dalam UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pasal 54 diatur bahwa: “Anak di dalam dan di lingkungan sekolah wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah atau teman-temannya di dalam sekolah yang bersangkutan, atau lembaga pendidikan lainnya”.

Disinilah peran penting sekolah bagi anak-anak. Perangkat sekolah mulai dari tukang kebun sampai kepala sekolah merupakan pihak yang sering berinteraksi dengan anak-anak sudah seharusnya mempunyai sensitifitas terhadap anak. Mereka seharusnya paham akan hak-hak yang harus dipenuhi bagi tumbuh kembang anak, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ke anak. Kemudian jika terjadi kekerasan terhadap anak, apa yang harus dilakukan, melapor kemana.

Merujuk dari kalimat diatas, maka perlu adanya Kebijakan yang Pro Anak di sekolah. Sekolah seharusnya punya standar kebijakan tersebut. Juga melakukan afiliasi dengan lembaga terkait yang peduli dengan keselamatan fisik dan psikis anak,

Jika sekolah sudah memiliki dan menerapkan kebijakan tersebut dari tingkat paling bawah sampai tingkat paling atas, maka kehidupan anak yang nir kekerasan pun bisa terwujud. Semoga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s