Ingin Bergabung Dalam Sebuah Komunitas?

Ingin Bergabung di Sebuah Komunitas?

Sabtu pagi yang cerah, tepatnya 24 Mei 2014 saya mengikuti sebuah acara perayaan ulang tahun komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis atau disingkat dengan IIDN yang saya ikuti di Bandung. Salah satu yang menarik dalam acara tersebut ketika Ibu Abyz Wigati seorang pakar parenting yang saat itu mengisi materi tentang Komunitas. Menurut Ibu 3 anak ini, komunitas diibaratkan sebuah wadah terbuka sebagai sarana mengembangkan diri. Wadah disini bisa menampung segala hal. Tergantung kehendak anggotanya akan diisi dengan hal yang seperti apa.

Didalam komunitas terdapat 3 hal, yaitu:

  1. Individu yang berbeda
  2. Persoalan
  3. Ide

Dibutuhkan sebuah kedewasaan dalam menjalani setiap langkah kehidupan. Juga ketika mengikuti sebuah komunitas. Ada 3 hal yang membuat orang menjadi dewasa:

  1. Lingkungan
  2. Persoalan Hidup
  3. Usia (meskipun masih pro dan kontra)

Bicara mengenai kedewasaan pasti berhubungan dengan jati diri seseorang. Ciri-ciri orang yang belum mempunyai jati diri adalah suku membicarakan kekurangan orang lain. Sebuah proses yang membentuk kedewasaan seseorang adalah ketika orang tersebut tidak dengan mudah menceritakan kekurangan dan mencari-cari kesalahan orang lain.

Komunitas berfungsi sebagai sebuah katalisator (sarana mempercepat) untuk menuju pendewasaan diri. Dari sebuah komunitas juga bisa terlahir komunitas baru. Seperti dari komunitas menulis, ternyata anggotanaya juga suka berkebun. Muncul komunitas berkebun.

Dalam sebuah komunitas selalu ada positif dan negatifnya. Pilihan ada ditangan kita, ketika ada masalah, akan memposisikan diri di mana? Menjadi bagian dari masalah, atau bagian dari solusi?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s